PEMBELAJARAN ONLINE
UNTUK SMA /MA KELAS XI SEMESTER GENAP
PROGRAM STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROKLAMASI
KEMERDEKAAN INDONESIA
[2013]
PROKLAMASI KEMERDEKAAN
INDONESIA
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : XI IPA / Genap
Waktu :
2 X 45 menit.
Petunjuk
Belajar
- Baca literatur yang berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
- Perhatikan dengan seksama jika guru sedang menjelaskan materi.
- Baca petunjuk dengan cermat sebelum Anda mengerjakan tugas.
- Kerjakan tugas sesuai dengan perintah
- Konsultasikan dengan guru jika mengalami kesulitan.
STANDAR
KOMPETENSI:
Merekontruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa proklamasi hingga lahirnya
orde baru
KOMPETENSI
DASAR:
Merekomendasi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga
Demokrasi Terpimpin
INDIKATOR:
1. Peristiwa
Rengasdengklok
2. Perumusan
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
3. Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
TUJUAN:
Mengetahui secara kronologis peristiwa seputar
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945
kemerdekaan
tidaklah ada begitu saja, namun
merupakan
“kristalisasi” keringat perjuangan para pahlawan!
INFORMASI
PENDUKUNG
Peristiwa
Rengasdengklok
Pada tanggal 15 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs.
Moh.Hatta baru kembali ke tanah air setelah memenuhi panggilan Panglima Mandala
Asia Tenggara yang diadakan di Vietnam. Para pemuda yang tergabung dalam
Angkatan Baru segera mengadakan pertemuan setelah mendengar berita kekalah
Jepang. Pada tanggal 15 Agustus 1945 pukul 08.00 malam, para pemuda berkumpul
di ruang belakang laboratorium bakteriologi, Jalan Pegangsaan Timur No. 13,
Jakarta di bawah pimpinan Chaerul Saleh.
Pendapat golongan muda dan golongan tua:
- Golongan muda → para pemuda bersepakat bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hak dan masalah rakyat Indonesia yang tidak bergantung kepada bangsa atau negara lainnya.
- Golongan tua → golongan tua berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan melalui revolusi secara terorganisir, karena pihaknya ingin membicarakan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditentukan tanggal 18 Agustus 1945 dalam rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).
Bagaimana
peristiwa rengasdengklok, ikuti uraian materi pada buku Badrika, I wayan. 2006.
Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu
Alam. Jakarta: Erlangga pada halaman 143.
Perumusan
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Perumusan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia
dilakukan di Rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalam Imam Bonjol No.1 (sekarang
perpustakaan Nasional Depdiknas). Naskah proklamsi dirumuskan oleh Ir.
Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo. Dalam perumusan naskah
proklamasi itu, Ir. Soekarno membuat konsep dan kemudian disempurnakan dengan
pendapat dari Drs. Moh. Hatta dan Ahmad Subardjo. Bagaimana perumusan Teks
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ikuti uraian materi pada buku Badrika, I
wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI
Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga pada halaman 144.
Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
Pembecaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
dilaksanakan di depan rumah Ir.Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56
Jakarta, pada hari Jum’at 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB (pertengahan bulan
Ramadhan). Soekarno mengucapkan pidato pendahuluan sebelum membacakan Teks
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bagaimana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,
ikuti uraian materi pada buku Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
pada halaman 145.
TUGAS
Tugas
Individu
PETUNJUK MENGERJAKAN
Sebelum
menjawab pertanyaan di bawah ini, kalian dapat menjawab pertanyaan dengan
membaca buku sebagaimana yang telah tercantum di atas dan juga dapat memperoleh
informasi dari internet.
Jawablah
pertanyaan ini dengan benar
a. Apakah
penyebab proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak dilakukan di Lapangan Ikada?
b. Mengapa
para pemuda membawa golongan tua yaitu Soekarno- Hatta ke Rengas Dengklok
c. Bagaimana
akibatnya munculnya peristiwa Rengasdengklok menjelang dilaksanaknnya proklamasi
Kemerdekaan Indonesia?
Tugas
Kelompok
Tujuan
Mengidentifikasi
perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua pada saat menjelang
proklamasi kemerdekaan Indonesia
Sumber Data
Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
Khirul, dkk. 2007. Sejarah untuk SMA dan MaA kelas XI IPA. Jakarta: Piranti Darma
Kalokatama
Langkah Kerja
·
Sebelum mengerjakan tugas ini, Anda
diharuskan untuk membuat sebuah kelompok satu kelas menjadi dua kelompok
·
Jawaban ditulis tangan
·
Jawaban harus disusun secara rapi dalam
bentuk paragraf
·
Minimal 3 paragraf
·
Ditulis dengan bolpoint
·
Dikerjakan dikertas fortofolio
·
Jawaban bisa dibaca pada buku refresnsi
yang sudah tercantum di atas dan bisa mengakses diinternet.
·
Setelah selesai mengerjakan kelompok,
diharapkan para siswa membentuk sebuah kelas sebagai forum diskusi.
·
Diskusi selesai, guru menjelaskan inti
perbedaan tersebut.
Permasalahan
- Buatlah analisis tentang perbedaan
pendapat antara golongan muda dan golongan tua, tentang latar belakang dan
tujuan pemikiran dari para golongan tersebut!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar