Selasa, 30 April 2013

Pembelajaran Online Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Dhiera dan Tutus)

PEMBELAJARAN ONLINE
UNTUK SMA /MA KELAS XI SEMESTER GENAP
PROGRAM STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM



PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA
[2013]




PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA


Mata Pelajaran           : Sejarah
Kelas / Semester        : XI IPA / Genap
Waktu                         : 2 X 45 menit.


Petunjuk Belajar
  • Baca literatur yang berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  • Perhatikan dengan seksama jika guru sedang menjelaskan materi.
  • Baca petunjuk dengan cermat sebelum Anda mengerjakan tugas.
  • Kerjakan tugas sesuai dengan perintah
  • Konsultasikan dengan guru jika mengalami kesulitan.

STANDAR KOMPETENSI:
Merekontruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa proklamasi hingga lahirnya orde baru



KOMPETENSI DASAR:
Merekomendasi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin 


INDIKATOR:
1.    Peristiwa Rengasdengklok
2.    Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
3.    Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


TUJUAN:
Mengetahui secara kronologis peristiwa seputar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945



kemerdekaan tidaklah ada begitu saja, namun
merupakan “kristalisasi” keringat perjuangan para pahlawan!


Mari kita belajar!!!!



INFORMASI PENDUKUNG


Peristiwa Rengasdengklok
Pada tanggal 15 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh.Hatta baru kembali ke tanah air setelah memenuhi panggilan Panglima Mandala Asia Tenggara yang diadakan di Vietnam. Para pemuda yang tergabung dalam Angkatan Baru segera mengadakan pertemuan setelah mendengar berita kekalah Jepang. Pada tanggal 15 Agustus 1945 pukul 08.00 malam, para pemuda berkumpul di ruang belakang laboratorium bakteriologi, Jalan Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta di bawah pimpinan Chaerul Saleh.
Pendapat golongan muda dan golongan tua:
  • Golongan muda → para pemuda bersepakat bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hak dan masalah rakyat Indonesia yang tidak bergantung kepada bangsa atau negara lainnya.
  •  Golongan tua → golongan tua berpendapat bahwa kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan melalui revolusi secara terorganisir, karena pihaknya ingin membicarakan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ditentukan tanggal 18 Agustus 1945 dalam rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Bagaimana peristiwa rengasdengklok, ikuti uraian materi pada buku Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga pada halaman 143.


Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Perumusan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di Rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalam Imam Bonjol No.1 (sekarang perpustakaan Nasional Depdiknas). Naskah proklamsi dirumuskan oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo. Dalam perumusan naskah proklamasi itu, Ir. Soekarno membuat konsep dan kemudian disempurnakan dengan pendapat dari Drs. Moh. Hatta dan Ahmad Subardjo. Bagaimana perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ikuti uraian materi pada buku Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga pada halaman 144.


Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pembecaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di depan rumah Ir.Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta, pada hari Jum’at 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB (pertengahan bulan Ramadhan). Soekarno mengucapkan pidato pendahuluan sebelum membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bagaimana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ikuti uraian materi pada buku Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga pada halaman 145.


TUGAS
Tugas Individu
PETUNJUK MENGERJAKAN
Sebelum menjawab pertanyaan di bawah ini, kalian dapat menjawab pertanyaan dengan membaca buku sebagaimana yang telah tercantum di atas dan juga dapat memperoleh informasi dari internet.
Jawablah pertanyaan ini dengan benar
a.       Apakah penyebab proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak dilakukan di Lapangan Ikada?
b.      Mengapa para pemuda membawa golongan tua yaitu Soekarno- Hatta ke Rengas Dengklok
c.  Bagaimana akibatnya munculnya peristiwa Rengasdengklok menjelang dilaksanaknnya proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

Tugas Kelompok
Tujuan
Mengidentifikasi perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua pada saat menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia
Sumber Data
Badrika, I wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga
Khirul, dkk. 2007. Sejarah untuk SMA dan MaA kelas XI IPA. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama


Langkah Kerja
·         Sebelum mengerjakan tugas ini, Anda diharuskan untuk membuat sebuah kelompok satu kelas menjadi dua kelompok
·         Jawaban ditulis tangan
·           Jawaban harus disusun secara rapi dalam bentuk paragraf
·           Minimal 3 paragraf
·           Ditulis dengan bolpoint
·           Dikerjakan dikertas fortofolio
·         Jawaban bisa dibaca pada buku refresnsi yang sudah tercantum di atas dan bisa mengakses diinternet.
·         Setelah selesai mengerjakan kelompok, diharapkan para siswa membentuk sebuah kelas sebagai forum diskusi.
·         Diskusi selesai, guru menjelaskan inti perbedaan tersebut.

Permasalahan
- Buatlah analisis tentang perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua, tentang latar belakang dan tujuan pemikiran dari para golongan tersebut!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar